Senin, 30 Juni 2014

contoh makalah Riset Operasi

BAB  I
PENDAHULUAN
1.1       Latar belakang
Riset operasi memiliki arti yang berbeda dengan  namanya. Istilah atau tujuan maka kuliah ini  tidak sepenuhnya berhubungan dengan “riset” (penelitian) apalagi dengan Operasi (operational). Riset operasional menjadi satu rangkaina kata yang memiliki arti tersendiri yaitu sebagai disiplin ilmu yang  mempelajari permodelan matematika dalam  pemrosesan pengambilan keputusan.
Riset Operasional ( atau lebih dikenal dengan  operasion research atau Quantitatif quality ) merupakan serangkaian kegiatan analisis dan permodelan matematika untuk keperluan pengambilan keputusan. Banayak persoalan managerial disuatu organisai/perusahaan yang senantiasa mengkaitkan dengan proses pengambilan keputusan (decition making)
 Walaupun tujuan  Riset Operational Adalah  mendapatkan   solusi Optimal Namun dalam praktik   manajerial lebih dipentingkan solusi yang memuaskan ( satisficing).
Keputusan dalam bisnis lebih banyak ditentukan oleh pelaku sang pengambil keputusan  ( apakah dia seorang yang optimis atau pesimis berani atau takut dalam mengambil resiko atau sifat- sifat lainya.). Analisis Kuantintatif dan sistematik tetap dibutuhakan sebagai argumentasi yang dapat diprtanggung jawabkan secara rasional.
Makalah ini dimaksud sebagai panduan praktis bagi para dosen atau mahasiswa yang akan mempelajari materi ini khusus nya jurusan teknik mesin yang mempelajari Kurikulum mata kuliah Riset operasional.
Kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan tetap digunakan utuk pemahaman lanjut atau berdiskusi terhadap pengguna praktis setiap konsep/teori/ model di perusahaan atau organisasi lainya. Sistem nilai oprasi terakir terdiri atas UTS Dan UAS.

1.2       Rumusan Masalah
Persoalan keputusan senantiasa dihadapi oleh manusia. Misalnya: saat pagi atau subuh, dia sudah harus mengambil keputusan untuk segera bangun atau terus tidur. Saat pergi ke kampus, dia pun harus memutuskan naik apa, dengan siapa, cepat atau lambat, dan seterusnya.
Hal yang lebih baik adalah dengan mengambil suatu keputusan walaupun salah. Keputusan yang diambil pertama kali berdampak kepada keputusan berikutnya. Demikianlah hal ini berlansung dalam kehidupan manusia.
1.3       Tujuan
Ada banyak keputusan yang diambil secara apa adanya tanpa perlu dipikirkan, misalnya: mengedipkan mata, menepuk nyamuk di tangan, meneguk minuman, dan sebagainya. Ada pula keputusan yang harus dipikrkan secara matang dan seksama, misalnya memilih sekolah, kuliah, tempat kerja, istri, dan sebagainya. Dalam Perusahaan, Keputusan manajerial harus diambil dengan mempertimbangkan berbagai kendala yang ada, diselesaikan dengan sistematis, dan dievaluasi hasilnya untuk menjadi proses perbaikan yang berkelanjutan.


Download  file nya disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika mengunjungi blogs ini harap komentar ya..